Sabtu, 27 Oktober 2018

Kemampuan apa yang kamu miliki?

Ri lu mau kejepang?
“Cuy lu mau magang ke jepang”
“eh lo mau kerja di jepang
Serentak banyak banget pertanyaan yang datang ke gue saat temen- temen tau gue ikut les Bahasa Jepang. Yap, udah dua bulan ini gue belajar Bahasa Jepang, dan gue akhir – akhir ini agak risih dengan pertanyaan – pertanyaan semacama diatas. Les Bahasa jepang it doesn’t mean gue mau pergi ke jepang.
Gue les Bahasa jepang dikira mau ke Jepang, tetapi kenapa ada orang les Bahasa English gak pernah ditanyain, lu mau pergi ke UK ya, Lu mau pergi US yah bla bla bla. Ya mungkin kalo basaha English sudah wajar, sudah dipelajari sejak kecil jadi sudah gak heran lagi orang – orang belajar Bahasa English.
Ya gak salah juga sih mereka nanya gitu, tapi bikin gue lama – lama risih. Pertama gue les Bahasa Jepang bukan karena mau pergi kejepang, tapi kalo ada yang nawarin pergi ke Jepang gue mau mau aja, mau banget malahan.
Kalo ditanya kenapa gue mau les Bahasa Jepang. SKILL.
Yap gue ingin menambah skill atau kemampuan diri, gue mau memperbaiki kualitas diri gue. Akhir – akhir ini gue teringat kembali ke masa saat gue sedang dalam suatu sesi wawancara.
Si pewawancara bertanya, “Kemampuan apa yang kamu miliki”. Saat itu adalah wawancara kerja pertama gue, gue belum mempersiapkan diri untuk diwawancarai. Pertanyaan simple itu membuat gue bungkam, mulut gue menganga mencoba mengeluarkan kata – kata tetapi yang keluar hanyalah gumaman gak jelas. Gue gak bisa menjawab pertanyaan simple seperti itu
Selesai Wawancara kerja gue kembali berfikir “Skill apa yang gue miliki, kemampuan apa yang bisa gue banggakana?”. Dari situlah gue berfikir dan merenung, hingga berfikir untuk belajar Bahasa lain untuk menambah skill. Gue menyadari dalam dunia kerja skill sangatlah penting, skill sangat dibutuhkan.
Saat lo sekolah, nilai – nilai akademik lu bagus, tetapi lu gak punya kemampuan apa – apa yang lu tau hanyalah sebatas pengetahuan saja. Dalam dunia kerja, nilai – nilai lu bakalan kalah dengan orang mempunyai skill.
So, gue mulai berifikir untuk memperbaiki kualitas diri, dengan menambah skill – skill yang mungkin akan berguna untuk menunjang kehidupan gue kedepannya. Tapi lucunya gue sampai sekang belum tau goal gue apa. Icus yang menyadarkan gue, banyak skill tetapi harus tetap punya tujuan.
Jadi tulisan gue kali ini udah mulai ngawur arahnya gak tau kemana, mungkin gue perlu banyak membaca dan riset untuk membuat sebuah tulisan yang agak berat yang bisa lebih memotivasi. Jadi untuk saat ini sekian dulu, gue udah pusing seharian ngerjain tugas dan sekarang harus memaksa diri gue untuk menulis. Arigatou Gozaimasu :D

0 komentar:

Posting Komentar